Intel Atom untuk Ponsel


Intel memperluas portfolio produk Atom dengan meluncurkan seri Atom Z500 dengan chipset pendukungnya. Pada awalnya diberi kode nama Poulsbo, platform ini adalah generasi Atom pertama yang diperuntukkan pada alat-alat elektronik berukuran sangat kecil seperti ponsel. Untuk mendukung lini produk terbarunya ini, Intel juga mengumumkan sebuah system controller baru yang mengintegrasikan kapabilitas grafik dan I/O hub ke dalam sebuah chip.

Desain ini merupakan salah satu produk Intel yang paling hemat daya dan dapat dioperasikan dalam ruang tertutup tanpa membutuhkan dukungan kipas pendingin. Seri Z500 juga memiliki daya tahan tinggi terhadap suhu, dapat dioperasikan di lingkungan dengan temperatur 70 derajat celsius. CPU ini sendiri hanya menggunakan daya sebesar 2W sedangkan satu sistem penuh berbasis platform ini hanya membutuhkan 5W.

Berdasarkan spesifikasi ini, Intel mengklaim bahwa Z500 dapat digunakan untuk kelas alat elektronik baru yang dinamakan ponsel media. Ponsel sejenis ini biasanya lebih besar daripada ponsel pintar dan berukuran di antara ponsel pintar dan MID (mobile internet device). Sebagai contoh, Intel memberikan desain sebuah produk yang menggunakan RAM sebesar 1GB, flash memory 8GB dan layar sentuh 8,9 inci yang dapat memutar video YouTube, melakukan panggilan telepon dan VoIP.

Saat peluncuran, seri baru ini memiliki 4 prosesor. Z510 dan Z510P dengan frekuensi 1,1GH dengan 400MHz FSB dan 512KB cache L2. Z510 mengkonsumsi daya sebesar 2W dalam ukuran 13x14mm seperti Atom saat ini sedangkan Z510P mengkonsumsi daya sebesar 2,2W dan berukuran lebih besar 22x22mm. Z520 yang beroperasi di frekuensi 1,3GHz dengan FSB 533MHz memiliki konsumsi daya 2,2W sedangkan produk dengan kinerja terbaik seri Z500 ini adalah Z530 dan Z530P yang memiilki frekuensi 1,6GHz.

Intel memperkirakan produk-produk berbasis seri Z500 akan mulai bermunculan dalam beberapa bulan ke depan ini, walaupun mereka masih belum mengatakan siapa saja yang akan menggunakan produk ini. Apple digosipkan tengah mengembangkan produk berbasis Poulsbo dan Silverthorne, walaupun mereka masih berkomitmen menggunakan prosesor ARM untuk produk iPhone dan iPod Touch sehingga tidak akan menggunakan produk dari Intel.

sumber : www.bozz.com

0 komentar:

Posting Komentar

kunjungi juga :

Temukan Gadget Murah dan Berkualitas di www.distonlineshop.com


terimakasih sobat, sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa isi tanda kehadiran anda ya :)