Tragedi Situ Gintung


Sedih benar.. :( saya melihat saudara – saudara kita melalui media massa dan juga layar kaca sedang berduka akibat musibah yang baru – baru ini terjadi, untuk yang kesekian kalinya Indonesia terkena musibah. Musibah kali ini datangnya di saat para partai sedang gembor – gembornya mempromosikan janji – janji kampanyer mereka. Namun di lain sisi rakyat sedang menangis akibat musibah situ ginting ini, banyak yang kehilangan harta benda terlebih lagi kehilangan orang yang kita sayangi.

Menurut informasi yang saya baca tanggul ini dibuat pada tahun 1933 pada zaman belanda dan belum pernah sekalipun di renovasi. Pada mulanya di sekitarnya tidak ada pemukiman warga namun seiring berjalannya waktu terdapat banyak pemukiman warga. Tanggul ini memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter. Jebolnya tanggul Situ Gintung, Cirendeu, Ciputat Tangerang ternyata bukanlah yang pertama kali. Akhir tahun lalu, tepatnya November 2008, tanggul tersebut juga pernah jebol.Hal itu diungkapkan warga RT 04/08, Cirendeu Ibu Tuty kepada okezone di lokasi kejadian, Jumat (27/3/2009).

"Tapi hanya di bagian bawahnya saja," katanya.

“Saat itu, akibat jebolnya tanggul di bagian bawah, terjadilah banjir. Namun, tidak sebesar saat ini. Warga pun kemudian bergotong royong memperbaiki tanggul bagian bawah tersebut” imbuhnya .

Sebelumnya, tanggul ini jebol saat sholat subuh. Karena kebanyakan warga sedang tidur. Samapai saat ini telah dieroleh informasi 99 orang meninggal dan 100 orang lebih masih dalam pencarian. Selain merendam wilayah Ciputat dan Cirendeu yang masuk wilayah Tangerang, jebolnya tanggul Gintung juga menyebabkan sejumlah kawasan di Jakarta Selatan ikut terkena imbas. Di antaranya di kelurahan Bintaro RT 07/05, Pondok Pinang RT 05/14, dan Cipulir RT 10/08.

Foto (sebuah masjid tetap berdiri kokoh ) :

Ada suatu kejadian yang membuat saya takjub atas kebesaran Allah.S.W.T, yaitu sebuah masjid tetap berdiri kokoh diantara rerutuhan rumah dan porak porandanya sejumalh pepohononan. Subhanallah... . Masjid itu sampai saat ini masih dapat digunakan untuk keperluan ibadah sholat :).

Pada kesempatan tersebut ada beberapa artis seperti Olga, Rafi Ahmad, Rossa, dan Juga Intan Nur Aini yang mendatangi lkasi langsung untk mebantu para korban dengan bantuan sembako. Untuk kedepannya Rossa dan Intan akan menggalang dana untuk Para Korban Situ Gintung. Dan tidak lupa juga para politisi mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan moril maupun materiil dan yang pasti sekaligus berkampanye mencari dukungan dari rakyat (agar jalannya mulus menuju kursi "panas") yang sedang dirundung duka.

Semoga rakyat lebih cerdas lagi memilih Wakil Rakyatnya yang lebih peduli dengan alam sekitarnya sehingga bisa meminimalisir bencana alam yang terjadi di bumi tercinta Indonesia ini.

Dan juga bagi anda semua yang memiliki rizki lebih silahkan membantu seiklhlasnya pada Korban Situ Gintung. Uluran anda sangat ber arti bagi mereka yang semua baik yang kehilangan harta maupun nyawa.

Kita do'a kan Semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran bagi saudara-saudaraku yang tertimpa musibah tersebut menerima arwah yang meninggal disisiNYA, Amin...ya Robbal alammin......


sumber beberapa artikel dari : okezone.com
foto : rcti (dok. seputar indonesia)

13 komentar:

  1. aku mesti bingung klo ngomong indonesia, ruwet...one thing for sure; I love Indonesia, proud to be Indonesian. Smg kita gk kecologan hikmah dr kejadian ini.

    BalasHapus
  2. ia mba ervin mudah-mudahan bisa di ambil hikmahnya :)

    BalasHapus
  3. Memang Indonesia mulai banyak dilanda bencana... kita musti intropeksi diri.

    BalasHapus
  4. Sebelum saya lihat beritanya di TV, saya anggep musibah ini biasa2 aja..eh pas nonton ternyata cukup :(

    BalasHapus
  5. untuk Nanang :

    yup ,,, benar mas :) qta mesti introspeksi diri

    Untuk Trave :

    Saya juga tadinya berfikir seperti itu :f

    BalasHapus
  6. Di situ gintung, di sini genting
    di tengah-tengah pohon melati
    Di situ bingung di sini bingung
    Si Indra gak mau ... opo yo ..??
    hehee ...

    *PS : jangan dibales komennya Ndra,,
    ku cuma lagi eror :D

    BalasHapus
  7. Ehmm,, soale di tempatku serius banget..
    Hahaa ..
    Sori Ndra,, malah ngebak-ba'i nggonmu
    :@

    BalasHapus
  8. muzda gazebo ( gak jelas bo.. ^ ) :~ , km emang lagi error ya :$

    BalasHapus
  9. Emang,, kan udah dibilang
    :((

    BalasHapus
  10. masalah ini trusss....
    itu karena kekuasaan ALLAH SWT

    BalasHapus
  11. okey,, wafi, semoga para korban diberi ketabahan dalam menghadapi coba an ini :)

    BalasHapus
  12. Kalau sesaat teringat lagi akan tragedi itu,rasanya waktu itu dunia akan berakhir.

    Bagaimana tidak,boro boro orang yang terkena langsung dengan serangan air yang tiba tiba.

    Saya senderi yang kebetulan ada disekitar TKP merasa kaget setengah mati..mudah mudahan saja di Indonesia kejadian seperti itu tidak akan terulang lagi.Amiemm!!

    BalasHapus

kunjungi juga :

Temukan Gadget Murah dan Berkualitas di www.distonlineshop.com


terimakasih sobat, sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa isi tanda kehadiran anda ya :)