Daftar Makanan Penambah Daya Ingat

Dari beberapa informasi yang saya dapat inilah makanan yang dapat menambah daya ingat kita. Agar kita tidak menjadi pelupa :). inilah daftarnya :

1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang
“Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau ketersediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat atau Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat. Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita tetap terjaga dan istirahat yang cukup.

Dari beberapa daftar di atas ada yang saya heran dari cara pandang orang indonesia, Lebih bergensi makan daging ayam ketimbang telur ( memang sih harga daging ayam lebih mahal ) dari daftar di atas tidak ada daging ayam mungkin daging ayam lebih banyak mengadung lemak ketimbang proteinnya, menurut saya sih manfaatnya untuk otak lebih bagus telur, apalagi telur asin Mantab deh.. :D.



29 komentar:

  1. Dengan adanya tambahan makanan bergizi untuk menambah daya ingat, moga2 akan menambah daya ingat qta pada yang maha kuasa atas segala nikmatNya

    BalasHapus
  2. numpang promo yah.
    furniture indonesia dari kayu jati dan mahogany untuk rumah,hotel,villa,pemilik gallery dll.
    thanks

    BalasHapus
  3. Ntar langsung kupraktekkan, suruh ibu masak makanan ini biar ingatanku ok.

    BalasHapus
  4. Wah, aku penggemar berat telur dan susu tuh..

    BalasHapus
  5. nice info bos....

    untungnya aku suka sama makanan2 diatas tadi...
    hehehehe....

    BalasHapus
  6. @Semua :

    Terimakasih teman - teman yang sudah berkomentar happy week end :D

    BalasHapus
  7. tapi kok iinya amakan penumbuh jerawat ya..?
    hehehe

    BalasHapus
  8. wew,, mantaab2 pak.. saya butuh neh yang kayak gini.. biar ngerti makanan2 apa saja yg di butuhkan untuk menambah daya ingat,,, keep share

    BalasHapus
  9. Hmm, jadi lapar lihat gambarnya. Jadi benar2 nambah daya ingat, ingat masakan di dapur hehehe

    BalasHapus
  10. hemmm. kl adanya singkong, kira2 daya ingat nambah apa ngurang ya?

    BalasHapus
  11. Nice share bro .. berguna banget artikelnya
    keep posting

    BalasHapus
  12. @kakve :
    iah bener mas kakve, terkadang ada beberapa oarng yang memiliki alergi jika makan - makanan tersebut jadinya jerawatan.

    @Tukang nge game :
    Okey.. Salam kenal mas, keep nge game :D

    @bisnis mikro :
    halah :) saya juga jadi laper nyh :$

    @kang dwi :
    Singkong dari info yang saya belum tau innfonya mas, mungkin butuh penelitian tentang gizi singkong :)

    @angga :
    Sip mas angga, sama - sama senag bisa berbagi

    BalasHapus
  13. wah...makin pintar aja dong kalau makan seperti itu. namun buat perokok masih ngaruh om?
    btw, link nya dah dipasang dimari yah....
    http://tipsandcara-ngeblog.blogspot.com
    Dan....
    http://all-iknow.blogspot.com

    Tolong dicek dan pastinya link balik.
    trims

    BalasHapus
  14. @T1Q-NO :

    Untuk Perokok saya belum tau, okey di tunggu saja link baliknya. Salam Kenal Sob :D

    BalasHapus
  15. @furniture :

    Iah mas sama - sama , sering sering berkunjungn ya sob :)

    BalasHapus
  16. Wow... i wonder if you are a doctor or short of. nice info. makasih..

    BalasHapus
  17. @apparelshop :
    ia sama sama, terimakasih sudah membaca dan berkomentar :)

    BalasHapus
  18. thanks berat nih kang Idi atas infonya...

    BalasHapus
  19. @mas-Wahyu :
    Iya sama - sama mas, sering2 mampir yak :D

    BalasHapus
  20. nice artikel
    lumayan biar ga pikun nanti klu dah mulai tua..

    BalasHapus
  21. itu telur na telur apa aja ? telur ikan jg gg ?

    BalasHapus
  22. ini harus di konsumsi semuanya atau boleh salah satunya saja?

    BalasHapus
  23. tuh makanan dah tak coba semua tp kenapa daya ingat masih droop terus yah....;))

    BalasHapus
  24. I like this blog... god luck!!
    also visit jasa pengamanan

    BalasHapus
  25. Terima kasih banyak untuk informasinya :)

    BalasHapus

kunjungi juga :

Temukan Gadget Murah dan Berkualitas di www.distonlineshop.com


terimakasih sobat, sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa isi tanda kehadiran anda ya :)