Cara Hidup Sukses Dunia dan Akhirat

Kebahagiaan dan kesuksesan adalah suatu keadaan yang selalu dicari dan menjadi dambaan setiap mahluk di muka bumi yang bernama manusia. Dalam pencarian itu dapat dikatakan setiap gerak, usaha dan langkah diupayakan. Seluruh waktu dicurahkan bahkan tidak jarang jiwa dan raga sekalipun dikorbankannya untuk mendapatkannya. Hanya sayang sekali, sejarah juga menunjukkan bahwa tidak semua manusia mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan. Banyak anak manusia yang tersesat di jalan, gagal bahkan tidak sedikit terperosok ke dalam lubang kehancuran.

Apa sebenarnya kesuksesan dan kebahahagiaan itu? Selama ini kesuksesan itu lebih banyak dilihat sebagai suatu keadaan atau konsep saja, padahal sebenarnya kesuksesan itu adalah sebuah proses perjalanan dari pengalaman dan keahlian seorang anak manusia.

Kesuksesan adalah sejumlah kebiasaan yang harus dilakukan dengan baik, sabar serta dibutuhkan waktu dan pengorbanan. Karena kebiasaan dan penerapannya itulah yang akan menentukan keberhasilan seseorang, baik dalam kaitannya dengan status sosial, kedudukan, maupun keahliannya dalam melakukan tugas.

Dengan demikian 9 Kebiasaan agar manusia dapat menjadi sukses adalah:

a. Berusaha mencapai keunggulan,
b. Tentukan Tujuan,
c. Buat Rencana,
d. Susun Prioritas,
e. Konsentrasi (fokus),
f. Manajemen Waktu,
g. Berjuang melawan Diri Sendiri,
h. Pandai berkomunikasi,
i. Berfikir positif.



A. BERUSAHA MENCAPAI KEUNGGULAN
Kebiasaan ini merupakan salah satu yang terpenting dari sepuluh kebiasaan manusia sukses. Berusaha mencapai keunggulan adalah berusaha dengan tekun dan terus menerus guna mencapai keunggulan di dalam hidup.
Hal ini mengandung pengertian selalu berusaha untuk menjaga perkembangan diri, dengan meningkatkan kualitas keimanan, ahlak, hubungan dengan manusia dan memanfaatkannya untuk mewujudkan misi hidupnya.

Kebiasaan berusaha mencapai keunggulan dalam hidup terdiri atas 3 Aspek Penting, yaitu:

Pertama: Selalu Berusaha Untuk Meningkatkan Keimanan;
Iman merupakan faktor yang sangat menentukan. Faktor ini diperoleh dengan menjalin hubungan dengan Allah SWT secara terus menerus. Jika kita memiliki hubungan kuat dengan Allah SWT dan tingkat keimanan tinggi maka kita dapat mewujudkan misi hidup kita secara efektif. Keimanan sesorang dapat bertambah atau berkurang. Ia akan bertambah dengan ketaatan serta ibadah serta akan berkurang dengan kelalaian dan kealpaan.

Kebiasaan berusaha untuk mencari Keunggulan ini dapat menyebabkan seseorang memperoleh kebaikan dan hidayah yang lebih daripada hari sebelumnya. Allah telah mengisyaratkan hasil yang akan diperoleh seseorang jika ia berusaha untuk mencapai keunggulan keimanan ini.

Orang orang yang berjihad untuk mencari keridhaan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami (al – Ankabut 69)

Perumpamaan nafkah orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas karunia Nya lagi Maha Mengetahui (al Baqarah 261)

Hadis Kudsi:
“Barang siapa mendekat kepadaKu satu jengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta, Barang siapa mendekat kepadaKu satu hasta, maka Aku akan mendekat kepadanya satu depan, Barang siapa datang kepadaKu dengan berjalan kaki, maka Aku akan mendatanginya dengan segera. Barang siapa menyebut Ku dalam sekelompok orang, maka Aku akan menyebutnya dalam kelompok orang yang lebih baik dari kelompok mereka.”

Hambaku selalu mendekat kepada Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan menjadi pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, menjadi kakinya yang dia dia gunakan untuk berjalan, menjadi tangannya yang dia gunakan untuk menangkap. Jika ia minta kepada Ku, maka Aku akan memberinya, dan jika dia meminta perlindungan kepada Ku maka Aku akan melindunginya.”

Pada dasarnya perjalanan hidup seseorang manusia sangat terkait dengan aspek keimanan ini. Jika kehidupan manusia tidak dibangun di atas aspek ini maka kehidupannya tidak akan berarti.

Allah menggambarkan kondisi orang-orang yang tidak memenuhi kehidupannya dengan aspek keimanan dalam firmanNya:

Katakanlah apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya. Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. Mereka itu orang-orang yang kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan kufur terhadap perjumpaan dengan Dia, maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak akan mengadakan penilaian bagi amalan mereka pada hari kiamat (al Khafi 103-105)

Sejalan dengan ini YM Abu dalam salah satu makalahnya (Menjadi Lebih Bahagia Dengan Menjalankan Ajaran Islam) menyatakan bahwa: “…Harapan kita sebenarnya hanya satu, yatu: marilah kita berlomba lomba untuk mencintai Tuhan di atas segala-galanya. Mencintai Tuhan berarti mencintai semua ketetapannya dan ketentuan Tuhan. Lebih kongkrit lagi, mencintai Tuhan harus diwujudkan dengan mengikuti sunnah Rasul Nya. Sebab dalam Al Qur’an Allah Berfirman: “katakanlah (kepada mereka hai Muhammad). Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintai kamu dan mengampuni dosa-dosamu”.

Kedua: Selalu berusaha untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan dalam bidang tertentu, produktifitas, optimalisasi dan efektifitas dalam pekerjaan atau profesi kita.

Seorang manusia yang tidak mau berusaha untuk mencapai keunggulan dalam pekerjaannya, tidak mengubah etos kerja dan produktifitasnya dan tidak mau berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi yang ada di dalam dirinya, ia akan tetap berada pada posisi tertentu, tidak akan mengalami kenaikan jabatan, tidak dapat meningkatkan penghasilannya. Sebaliknya seseorang yang memiliki jiwa luwes, gesit dan selalu berusaha untuk memperoleh yang lebih baik, maka ia akan selalu belajar, berusaha menyempurnakan pekerjaan dan meraih prestasi, selalu mencari peluang dan memperkuat faktor-faktor yang dapat meningkatkan produktifitasnya.

Ketiga: berusaha untuk meningkatkan hubungan positif dengan orang lain.

Aspek ini merupakan permasalahan penting di dalam kehidupan manusia. Jika hubungan antara sesama manusia kita positif dan menyenangkan, maka kehidupan kita akan menjadi lebih produktif dan menyenangkan.

Tidaklah heran jika hubungan dengan sesama manusia itu merupakan hal terpenting dalam agama Islam, bahkan merupakan substansi dari agama. Juga tidaklah heran jika ahlak yang mulia dalam berinteraksi dengan orang lain merupakan satu sifat yang dapat menyebabkan seseorang manusia akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, yaitu bersama dengan orang-orang yang jujur dan dekat dengan Rasulullah. Hadist: Orang yang paling dekat tempat duduknya diantara kalian dengan tempat dudukku di hari kiamat adalah orang yang paling baik ahlaknya. (Riwayat Tarmidzi).

YM Abu (dalam Makalahnya, “Berlomba-lomba menyempurnaka n Keislaman Kita”) mensitir Fatwa YM Ayahanda Guru yang berbunyi ”..Kalau perilaku tidak dipelihara, ia akan menghancurkan, memporakporandakan, membawa kita kepada neraka dan hambluminannas akan hancur, yang akan merusak pula habluminallah, karena hablumminallah dan habluminnas berpengaruh satu sama lain timbal balik…”.

Suatu pekerjaan dapat diganti dengan pekerjaan lain tetapi keluarga dan kerabat tidak dapat diganti. Dalam kaitan dengan usaha untuk mencapai keunggulan dalam aspek hubungan dengan sesama manusia ini, ada sebuah Hadist yang menyatakan “ Bergaulah dengan manusia dengan cara yang kamu harapkan, mereka juga menggunakannya ketika bergaul dengan kamu”.

Selanjutnya YM Abu menyatakan: “…sejak dahulu Ayah telah berkata dan berfatwa: jagalah selalu mulutmu, jangan berbicara yang lain selain daripada mengaggungkan dzikrullah atau memuji Allah SWT, memuliakan Rasulullah dan sega guru-guru kita, dan jika berjata, katakanlah yang bermanfaat, yang kreatif, jangan utarakan syakwasangka, gunjuing, irihati dendam kesumat, jangan lepaskan mulut engkau begitu saja yang akan menggores tajam dan melukai saudaramu kesana kemari, menikam kesana kemari dan akhirnya merusak masyarakatmu sendiri.”.

Kebiasaan berusaha mencapai keunggulan beserta ketiga aspeknya merupakan kebiasaan yang paling penting menuju pribadi yang sukses. Jika kita berusaha membentuk, melakukan dan melatihnya maka kehidupan kita akan berputar 180 derajat dan dapat kita wujudkan kebahagiaan dan kesuksesan yang diharapkan.

Kebahagiaan menurut orang bijak memiliki tiga sumber yang ada di dalam kehidupan manusia yaitu : Ridha Allah (berusaha mencapai kenggulan dalam aspek Iman); Melakukan pekerjaan secara sempurna dan Menyelesaikan segala urusan satu persatu; Membantu orang lain dengan cara menjaga etika dalam bergaul, berbuat baik kepadanya, mengorbankan sebagian waktu, usaha dan harta untuk kepentingannya.

B. TENTUKAN TUJUAN
Macam Tujuan dilihat dari sumbernya: Tujuan Ketuhanan, Tujuan Sosial dan Tujuan Individual
Tujuan ketuhanan ditentukan Allah SWT dengan maksud mewujudkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan Sosial merupakan penerapan dari tujuan pertama yang ditentukan oleh tuntutan zaman dan Tujuan Individual adalah yujuan yang ditentukan seseorang untuk dirinya sendiri.

C. SUSUN PRIORITAS
Yang dimaksud dengan menyusun prioritas adalah menyusun sejumlah tujuan, tugas dan pekerjaan, dimulai dari yang paling penting sehingga akan dapat diwujudkan tujuan-tujuan itu dalam waktu yang diberikan kepadanya. Waktu merupakan materi yang sangat mahal.

Kebiasaan menyusun prioritas harus dilakukan setiap hari. Ada dua macam prioritas :

1. prioritas pertama adalah prioritas yang bersifat tetap yaitu yang berkaitan dengan aspek ibadah.
2. prioritas kedua adalah prioritas yang bersifat tidak tetap yang dapat berubah yang berkaitan dengan pekerjaan dan sosial.

D. BUAT RENCANA
Secara singkat yang dimaksud dengan membuat rencana adalah meletakkan tujuan-tujuan kita dalam sebuah program kerja yang dapat dilaksanakan serta menentukan langkah-langkah yang dapat membantu menentukan tujuan. Menyusun rencana menjadikan kita siap untuk menentukan langkah selanjutnya.

E. KONSENTRASI
Konsentrasi adalah memusatkan perhatian pada tugas, tanggung jawab atau pekerjaan yang ada di hadapan serta berusaha melaksanakannya terus menerus sehingga benar-benar sampai pada tingkatan terakhir. Hambatan yang dapat menggangu konsentrasi diantaranya tidak adanya motivasi atau dorongan tidak adanya keahlian yang dibutuhkan, rendahnya tingkat kesabaran. Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang muslim untuk bersabar dan menguatkan kesabaranya.

F. MANAJEMEN WAKTU
Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran (al-Ashr : 1-3).

Dua nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia yaitu kesehatan dan waktu luang. Waktu berjalan dengan cepat seperti berjalannya awan. Kita tidak dapat berbuat apa-apa selain memanfaatkan dan memfungsikannya dengan baik atau membiarkannya berlalu begitu saja.

Bagaimana menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan waktu terbuang.
1. Pelajari tujuan-tujuan, rencana dan prioritas,
2. Letakkanlah tujuan-tujuan pada sebuah rencana periodik,
3. Buatkanlah daftar pekerjaan (kegiatan) yang akan dilakukan setiap hari,
4. Tutuplah semua jalan (hal) yang dapat memalingkan anda,
5. Manfaatkanlah waktu-waktu yang ada (tersisa),
6. Janganlah anda selalu berpasrah pada hal-hal yang bersifat mendesak,
G. BERJUANG MELAWAN DIRI SENDIRI.

“ Orang yang sukses adalah orang yang mengarahkan keinginannya, dan bukan orang yang menjadi budak keinginannya” (Perkataan orang bijak).

“Orang yang dapat mengalahkan nafsunya lebih hebat daripada orang yang dapat menaklukkan sebuah kota” (ungkapan India).

Berjuang melawan diri sendiri adalah berusaha secara terus menerus untuk mengalahkan, menaklukkan, mengendalikan dan membiasakan diri untuk menghadapi sejumlah tanggung jawab, berpegang teguh pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai serta sabar dalam menghadapi kewajiban-kewajiban yang ada. Kebiasaan ini membutuhkan adanya proses pendidikan dan usaha yang sungguh-sungguh karena sifat manusia tidak hanya cenderung kepada sifat malas saja, tetapi juga selalu memerintahkan kepada kejahatan. Firman Allah SWT “ Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan” (S. Yusuf:53).


Bagaimana berjuang melawan diri sendiri :

1. Jadilah orang yang efektif dalam manajemen konflik dengan musuh utama anda (musuh utama manusia adalah setan).
2. Jadilah orang yang mampu mengatur konflik antara diri anda dengan musuh kedua anda dengan baik. (musuh kedua adalah diri anda sendiri).
3. Mendidik Jiwa : diantara cara-caranya diantaranya adalah Muraqabah(kontrol diri), Mujahadah (bersungguh-sungguh), Muhasabah (Introspeksi diri) dan taubat.


H. KEPIAWAIAN BERKOMUNIKASI
Seorang Profesor Amerika, Thomas Harrel (1986) di Universitas Stanford menyebutkan adanya keterkaitan antara sukses dalam kerja dengan proses komunikasi dalam kehidupan manusia. Kajian ini menemukan bahwa diantara standar kesuksesan terpenting adalah sifat terbuka dan inklusif dalam masyarakat. Hal ini ditentukan oleh tiga faktor :

1. pribadi yang terbuka dan fleksibel,
2. pribadi yang suka berbicara kepada orang lain, senang bekerja sama dengan mereka dan meyakinkan mereka,
3. pribadi yang suka kepemimpinan dan pengaruh atas orang lain.

Kajian ini menunjukkan Kesuksesan Hidup hanya sebagian kecil bergantung kepada keahlian kerja atau profesi yang dikuasainya yaitu sekitar 15 % sedangkan bagian besar 85 % bergantung pada keahlian berkomunikasi.

Sifat-sifat dan akhlak berikut merupakan dasar yang tepat dalam mebangun keahlian komunikasi :

1. bekerja demi mewujudkan cita-cita yang tinggi dan besar dalam kehidupan,
2. memberikan perhatian terhadap urusan umum dan tidak terfokus ada urusan pribadi saja,
3. kredibilitas yang tinggi,
4. bijak, hati-hati dan terbuka pada orang lain,
5. sabar dan mampu menampung orang lain,
6. menjadi teladan,
7. berani dan berkepribadian kuat,
8. semangat dan hangat pada orang lain,
9. mengahrgai dan memperhatikan urusan orang lain,
10. bertindak normal, wajar dalam berkata dan bekerja,


I. BERFIKIR POSITIF
Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak mengahdapi berbagai kejadian yang mungkin negative atau kurang mengenakkan. Berfikir positif adalah mencari hal-hal positif dan baik dari peristiwa yang kita alami dan melupakan hal yang negatif.
Berfikir positif sangat penting di dalam kehidupan manusia karena dengan berfikir positif anda dapat mengubah hal-hal yang sulit menjadi produktif dan bermanfaat, serta menggunakannya untuk mewujudkan tujuan-tujuan anda dalam hidup ini. Sebaliknya dengan berfikir negatif akan membawa anda kepada kemurungan, kesedihan dan frustasi.

Contoh: Gelas yang setengahnya terisi dan setengahnya kosong
Orang yang berfikir positif: akan menjawab setengahnya penuh
Orang yang berfikir negative akan menjawab setengahnya kosong.

Ini adalah konsep simbolis tentang cara panda manusia terhadap sesuatu. Sebagian memandang dengan pandangan optimis sedangkan sebagian yang lain melihat dengan
pandangan pesimis.




< Dikutip dari Mengubah Kebiasaan Hidup oleh Rahman Moenggah, SH, LLM >

247 komentar:

  1. inspiratif, komlit, lengkap. Terimakasih sudah berbagi. Mari jadi sukses dunia akhirat dengan 9 langkah jitu ini. Insya Allah..

    BalasHapus
  2. menurut sya pribadi dalam memilih kesuksesan di dunia dan akhirat sangatlah sulit, dikarenakan hal akhirat harus didukung penuh pada hal dunia,,, terimakasih

    BalasHapus
  3. @all :
    @ahmadi :
    amien..

    @tobad dan anonim :

    iya terimakasih komentarnya semua.

    salam persahabatan :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Good post! All content are looking very informative.

    BalasHapus
  6. 9 Kebiasaan agar manusia dapat menjadi sukses..kudu dicopy ni he he he....mantap..sukses adalah pilihan kita

    BalasHapus
  7. @all :
    terimkasih sob untk koment2nya ^^


    sukses slalu ya untuk semua

    BalasHapus
  8. urip paling penak dhewe kuwi nrimo.
    neng ojo lali ndongo karo seng kuoso

    nie nasehat yang pernah aku dapat sob

    BalasHapus
  9. @rais :
    berusaha semampu kita lalu menerima hasilnya,


    thanks ya sudah berkomntar :)

    BalasHapus
  10. nice post om..
    sukses selalu...

    BalasHapus
  11. sobat,berguna banget nich infony, kunjungi blog saya jg y :)

    BalasHapus
  12. terima kasih atas artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk memotivasi saya menuju kesuksesan. saya tunggu kunjungan balik di blog saya, salam persahabatan

    BalasHapus
  13. nice posting, nambah wawasan
    saya nih :D
    terus berusaha :D semangat...

    BalasHapus
  14. Sarat akan nasehat,,,, terima kasih sob,,,,,, infonya sangat bermanfaat.... salam kenal,,

    BalasHapus
  15. Wah keren infonya.. Moga moga orang banyak dosa sprti sya juga bisa sukses.. Hehehe

    BalasHapus
  16. tulisan ini selain menambah wawasan tetapi juga memotivasi untuk bisa hidup maksimal :)

    BalasHapus
  17. artikel nasehat yang bagus mudah2an bermanfaat buat sy pribadi ... thanks shob

    BalasHapus
  18. @semua :
    terimakasih untuk komentarnya dan kunjungannya,,

    sukses ya,,buat semua :)

    BalasHapus
  19. mo komen takut salah...xixixi

    BalasHapus
  20. buat saya pribadi artikel ini sangat mendidik dan penuh dengan pesan yang bermanfaat

    BalasHapus
  21. tips untuk hidup sukses dunia akhirat maknyuss..

    salam kenal !

    BalasHapus
  22. Thx sharingnya semoga manfaat

    BalasHapus
  23. kalau berbicara tentang sukses dunia akhirat berarti tidak lepas dengan ibadah kita dengan Allah. Tidak hanya poin-poin diatas, tapi termasuk juga dalam menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA.

    BalasHapus
  24. smoga saya bisa sukses dunia dan akhirat..
    amin

    BalasHapus
  25. Makasih artikelnya. Sangat bagus untuk perenungan. Salam selalu.

    BalasHapus
  26. tk atas wejangannya..jujur ini sangat bermanpaat bagi kami...

    BalasHapus
  27. betul skali ustd!!!
    tiada yg lebih berharga ketimbang sukses dunia & akherat,..
    thanks.

    BalasHapus
  28. artikelnya bagus banget. sangat mengingantkan saya. tapi terkadang jika kita sudah menggapai apa yg kita cita-cita kan, kita suka sulit untuk bersyukur.

    BalasHapus
  29. nice tips,
    salam kenal yah !!!

    BalasHapus
  30. thanks for the infonya mas! keep it up! :))

    BalasHapus
  31. wah lengkappppp bgt, makasih

    BalasHapus
  32. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  33. Tips yang sangat bermanfaat, makasih and salam kenal ya? :-*

    BalasHapus
  34. wuih.. dalem banget sy mpe baca hati2 tiap paragraf... Sy selalu berfikir sukses itu tujuan, ternyata dari postingan ini, baru nyadar kalo kesuksesan adalah proses, tujuannya adalah kebahagiaannn..

    BalasHapus
  35. kang dist makasih nih share nya saya juga mau yg 50:50 masalah dunia dan akhirat tapi sulit juga Y

    BalasHapus
  36. Super lengkap,,kunjungan yang pertama kalinya disini,,salam kenal

    BalasHapus
  37. Buat saya yang paling menarik adalah point g dan i. Itu yang rata-rata orang sulit menjalankannya...

    BalasHapus
  38. ya benar apa yang diuangkap dan dibahas diatas dalam mencapai kehidupan dunia dan akhirat

    BalasHapus
  39. wah .... asik juga infonya .... terima kasih ya....

    BalasHapus
  40. keren sob kata2nya...
    kita sebagai manusia emang harus berserah pada Yang Kuasa..

    BalasHapus
  41. terima kasih sudah banyak berbagi tips menarik

    BalasHapus
  42. Semoga kita bisa sukses dunia dan akhirat.. amin :)

    BalasHapus
  43. ane setuju dengan artikelnya sob....semoga kita bisa mendapat kebahagian dunia dan akherat..AMIN

    BalasHapus
  44. harus di buat
    karna kita harus seimbang

    BalasHapus
  45. bener tu gka bleh
    yang dunia ja di pikirin

    BalasHapus
  46. slam knal ja bro\
    cap cay u pnya posting

    BalasHapus
  47. ne dia posting yang harus di sebar luaskan
    mntep men

    BalasHapus
  48. wah akhirat dan dunia memang harus 50:50

    BalasHapus
  49. yang paling sulit itu fokus gan kalau menurut saya sebab kanan kiri selalu ada godaan

    BalasHapus
  50. pentingx hidup bahagia dunia akhirat.....
    makasih tipsnya mas :)

    BalasHapus
  51. hem meski sulit hidup sukses dunia dan akhirat taoi hank's ya gan sharenya

    BalasHapus
  52. semoga yang membaca posting ini kehidupannya menjadi jauh semakin lebih baik sebelumnya. amin.....

    BalasHapus
  53. mantep mas,
    pentingnya hidup sukses dunia akhirat :)

    BalasHapus
  54. wah gan susah juga ea untuk meraih kesuksesan dunia dab aherat itu,, harus di landasi dengan iman yang kuat pula

    BalasHapus
  55. bener bgt ustadz...
    masih ada lagi artikelnya???

    BalasHapus
  56. nice post...semoga kita semua bisa mendapatkan kebahagian duni dan akherat

    BalasHapus
  57. Anda akan Diajarkan Cara membeli tanah, ruko, rumah, gedung, pertokoan tanpa uang sendiri atau lebih tepatnya membeli dengan memakai uang orang lain. Tak ketinggalan diberikan tips dan trik menggaet bank serta mengoptimalkan properti menjadi aset yang menghasilkan dan Dapatkan Juga Ebook Gratis. di www.belipropertytanpauang.com.

    BalasHapus
  58. mantep euy tulisannya...
    jadi agak tertegun sejenak gitu deh...
    heehehhe..


    Business Resources
    Gamer Corner

    BalasHapus
  59. makasih mas infonya, smoga kita smua mendapatkan berkat rahmat Allah SWT, Amien.. salam sukses mampir ke blog sy mas, thanks...

    BalasHapus
  60. ya hidup sukses dunia dan akhirat itu emang di dam bakan oleh semua orang,,, aku juga sama pengen hidup sukses dunia dan akhirat,,,, terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  61. intinya kita harus hidup mengikuti pedoman yg baik ya?
    yaitu Al Quran dan Sunah

    BalasHapus
  62. wah sungguh info luar biasa semoga bermanfaat gan tks... salam kenal

    BalasHapus
  63. nice posting, nambah wawasan :D

    BalasHapus
  64. Wah..tulisannya bagus banget kang dist..thank's ya..

    BalasHapus
  65. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  66. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    BalasHapus
  67. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  68. saya setuju dengan ulasan Anda,mohon Do'anya saja agar saya dapat melaksanakannya.
    salam kenal aja.

    BalasHapus
  69. Inspiratif sekali. Renungan yang bagus...

    BalasHapus
  70. mantap gan cara-caranya,,
    langsung aja ke tkp

    BalasHapus
  71. wah mantap juga ni cara-cara nya,,
    terima kasih gan buat infonya,,
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  72. ulasan yang sangat detail dan membangun motipasi supaya lebih maju lagi..

    BalasHapus
  73. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  74. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  75. makasih infonya. salam kenal

    BalasHapus
  76. gua suka banget posting lo
    mantep gan

    BalasHapus
  77. terima kasih gan buat infonya salam kenal aja gan

    BalasHapus
  78. siapa ya yang tidak mau sukses dunia dan ahirat,,pasti itu dambaan semua orang,, terima kasih gan buat infonya

    BalasHapus
  79. semoga aja tercapai semua cita-cita kita....
    Amiin...

    BalasHapus
  80. Lengkap sekali, Spiritual Inspiration. Sangat mencerahkan

    BalasHapus
  81. artikel yang bermanfaat, keep posting, semoga bisa selamat dunia dan akhirat :)

    BalasHapus
  82. sangat detail bahasan nya mantap...

    BalasHapus
  83. ternyata ga mudah yach menggapai nya...

    BalasHapus
  84. keren banget informasinya,,,thank's ya udah mau berbagi pengetahuan buat kita...

    BalasHapus
  85. thanks atas postingannya. InsyaAllah bermanfaat bagi semua orang. =D

    BalasHapus
  86. great. . .^_^
    this a very nice post. .

    good luck brother

    BalasHapus
  87. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  88. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  89. yang penting bisa menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat..

    BalasHapus
  90. maksihh kang infonya, ini sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  91. terima kasih gan pncerahan nya salam kenal aja gan

    BalasHapus
  92. untuk wujudin hal tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan yang cukup berat..

    BalasHapus
  93. wah mantap banget nih cara-caranya,, lengkep banget gan

    BalasHapus
  94. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    BalasHapus
  95. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  96. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  97. Panjang bgt n good artikel.. Thx y. Kunjungi blog sy jg http://sepatukulitmurah.wordpress.com/

    BalasHapus
  98. keren bangeeet informasinya mas ,thanks aja bro

    BalasHapus
  99. lam kenal aja ,terimakasih buat informasinya

    BalasHapus
  100. wah ini bru infonya bgs bangt,mudah-mudahan bermanfaat amin.

    BalasHapus
  101. berbicara dunia,akhirat memang mudah tapi tidak semudah kita mempraktekkannya,di butuhkan jiwa yang benar-benar bersih tuk menuju itu semua

    BalasHapus
  102. terlepas dari fitrah manusia yang sesungguhnya hanya bisa berusaha menuju ke arah yang lebih baik di ridhoi di setiap langkah kehidupannya walau teramat sulit kita lalui

    BalasHapus
  103. terima kasih gan buat infonya semoga ermanfaat nih

    BalasHapus
  104. mantap juga nih gan informasinya sanagt berginga nih

    BalasHapus
  105. o ya sy ucapin trima ksih bnyk atas infonya,dan salam kenal aja.

    BalasHapus
  106. terimakasih gan buat infonyasemoga bermanfaat nih,,
    pas bener cara-cara nya

    BalasHapus
  107. ok trima kash bnyak atas infonya,mudah-mudahan bermanfaat amin.

    BalasHapus
  108. infonya sangat keren,menarik dan sangat berguna,,
    makasih dan sukses slalu,,,
    ditunggun kunjungan baliknya,,,

    BalasHapus
  109. terima kasih gan buat infonya , pas banget nih pencerahan nya, makasih gan

    BalasHapus
  110. teriam kasih gan telah berbagi ilmu, semoga bermanfaat dan bisa menjalan kan nya, makasih gan

    BalasHapus
  111. wah bgs bngt blognya sukses selalu dan trima kasih bnyak.

    BalasHapus
  112. ok suksese selalu infonya dan trima kasih bnyak.

    BalasHapus
  113. wahhh, detil banget mas penjelasannya...
    tulisannya bagus, sangat menginspirasi..

    BalasHapus
  114. wah bgs bngt infonya,mudah-mudahan bermanfaat amin dan trima kasih bnyak sdh mau berbagi.

    BalasHapus
  115. banyak orang yang mementingakan dunia tanpa memikirkan akhirat

    BalasHapus
  116. trima kasih bwt infonya,mudah-mudahan makin sukses.

    BalasHapus
  117. info yang keren dan sangat membantu,,lengkap bgt,,makaish dah berbagi infonya ,moga bermanfaat buat smuanya,,sukses slalu

    BalasHapus
  118. pada inti'a harus seimbang supaya tidak ada yng berat sebelah antara dunia & akhirat

    BalasHapus
  119. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    BalasHapus
  120. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    BalasHapus
  121. Happy blogging teman teman

    BalasHapus
  122. sangat bermanfaat sekali gan pencerahan nya, makasih banyak gan

    BalasHapus
  123. Cara Hidup yang terencana memang harus meski takdir sudah ditentukan...thank informasinya

    BalasHapus
  124. wah mantap nih tips-tips nya, makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

    BalasHapus
  125. wah bener banget itu,, nice tips mas :D

    BalasHapus
  126. artikelnya menarik mas. jangan bosen blogging ya ^^

    BalasHapus
  127. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  128. thanks Article nya Nice Info nya,salam kenal y gan god luck alwayss

    BalasHapus
  129. wah sangt berguna sekali nih Info n Tips2 nya...thanks y dah sharing..salam kenal good luck

    BalasHapus
  130. makasih y dah share..tips2 nya...semoga bermanffat tuk yg lainnya juga...salam kenal....

    BalasHapus
  131. mantap sekali nih gan informasinya , sangat bermanfaat sekali gan salam kenal aja gan

    BalasHapus
  132. thanks ya gan Tips2 nya sangt bermanfaat salam kenal good luck

    BalasHapus
  133. thanks gan Nasehat nya sangt bermanfaat sekali Penuh dengan Motivasi...salam kenal y gan...good luck :X

    BalasHapus
  134. nice Info,sangt bermanfaat sekali buat saya ..salam keanl good luck always...

    BalasHapus
  135. thanks y gan sarannya....sngt bermanfaat sekali semoga bermanfaat juga Tuk yg lain nya...salam kenal good luck always...

    BalasHapus
  136. makasih bnyak y Tips2 nya n Info nya sallam kenal good luck...

    BalasHapus
  137. thanks y gan Info n Tips2 nya sangt lengkap semoga bermanfaat juga tuk yg lainnya ...salam kenal y good luck

    BalasHapus
  138. ane stuju sama Posting nte...maff ane ralat
    tpi kalu kita tidak menjalankan apa yg di perintahkan allah kita gbklan sukses dunia dan akhirat..thanks y gan Info nya

    BalasHapus
  139. lengkapa bgt Postingn ya n tips2 nya thx y gan Info nya salam kenal good luck

    BalasHapus
  140. thanks Your Tips2 nya sangt bermanfaat thx y dah share salam kenal

    BalasHapus
  141. thnak gan buat pencerahan nya, makasih banyak , ni infonya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  142. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    BalasHapus
  143. Happy blogging teman teman

    BalasHapus
  144. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    BalasHapus
  145. waooo lengkat sekalii...thanks y gan Info n saran2 nya sangt bermanfaat salam kenal
    good luck always...

    BalasHapus
  146. thx Post,sangt bermanfaat ..
    salam kenal

    BalasHapus
  147. thanks Info Nya lengkap bgt semoga dengan 9 langkah insya allah akan mnjadi sukses...amin

    BalasHapus
  148. wah sangt penuh dengan Motivasi dan Inspirasai...
    thx bgt y Infon n article nya good...salam kenal

    BalasHapus
  149. makasih y Info n Tips2 nya semoga Ni menjadi Motivasi buat kita semua.,...
    salam kenal

    BalasHapus
  150. semoga dapat bahagia kedua2nya
    http://sharetelekomunikasi.blogspot.com

    BalasHapus
  151. thanks Infonya sangt bermotivasi dan bermanfaat..
    thx y dah share...salam kenal

    BalasHapus
  152. terima kasih atas infonya yang sangat menrik dan bermanfaat sekali.kebahagiaan memerlukan perjuangan dan pengorbanan serta do'a.di iringi dengan kesabaran.lam kenal sebagai kunjungan perdananya.

    BalasHapus
  153. sangtt bermanfaat thx y gan dah share...
    salam kenal good luck always

    BalasHapus
  154. semua benar gan sangt lengkap dan bermotivasi...
    salam kenal thx dah share

    BalasHapus
  155. terima kasih mas dist sudah memberikan postingan yang mencerahkan pikiran, jadi kita tidak terlalu mengejar kebahagiaan dunia saja..

    BalasHapus
  156. Nice Post,Patut di contoh thnks y dah share...
    salam kenal semoga nih menjadi Motivasi tuk yg lainnya juga

    BalasHapus
  157. hmmm... amiiin..
    semoga sukses dunia akhirat...

    BalasHapus
  158. makasih banyak y Tips2nya sangat bermanfaat ...
    semoga Ini menjadi Motivasi Untuk yg lainnya juga..salam kenal

    BalasHapus
  159. makasih niuh gan buat infonya, semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  160. thanks Your shre Informations Greeting Good luck alwyas.

    BalasHapus
  161. terimakasih infonya dan sukses selalu buat semua

    BalasHapus
  162. smua orang pasti mau hidup sukses dan senang dunia dan akhirat

    BalasHapus
  163. @pemutih gigi
    lengkap banget? lengkap apanya? untuk bahagia dunia akhirat..., semua halaman di internet gak akan cukup untuk menggambarkan bagaimana caranya..
    Namun benar adanya..., jika sebagian atau seluruh dari cara2 di atas kita coba untuk terapkan..., mungkin ada kesempatan untuk hidup bahagia di akhirat..., walau semua ibadah kita tidak akan cukup untuk kita bawa ke meja perhitungan Allah... ya iyalah..., bagaimana bisa cukup? Apa ada yang berani ngomong cukup?

    BalasHapus
  164. sebuah tulisan yang menarik dan melegakan, salam kenal

    BalasHapus

kunjungi juga :

Temukan Gadget Murah dan Berkualitas di www.distonlineshop.com


terimakasih sobat, sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa isi tanda kehadiran anda ya :)